Latest News

Info Menangani Burung Kenari yang Stres dan Tidak Berkicau

Info Menangani Burung Kenari yang Stres dan Tidak Berkicau
Hai blogger semua setelah kemarin dunia binatang memeberikan tentang Macam-Macam Variasi Burung Kenari maka kali ini akan memebahas tentang Info Menangani Burung Kenari yang Stres dan Tidak Berkicau langsung akan saya dibagikan buat anda semua,semoga bermanfaat .

Burung kenari yang alami desakan psikis terlebih fisik dapat merasa stress sehingga akan membisu, atau dengan kata lain tidak mau berkicau lagi. Supaya burung  kenari kembali pada performancenya beragam usaha dilaksanakan supaya burung kembali berkicau. Beragam jenis argumen yang dapat mengakibatkan burung kenari stress serta ngedrop salah satunya ialah lantaran perjalanan, kerap dipegang, diperlakukan kasar, takut dengan satu warna/barang, trauma dengan binatang buas, serta ngedrop lantaran kalah bertarung dengan kenari yang lainya.

Di umur yang masih muda burung kenari rawan alami stress,maka dari itu  kita mesti berhati-hati apabila merawatnya, lain halnya dengan burung yang sudah mapan .Di lihat dari sisi umur ataupun mental burung, bila stress lebih gampang untuk di kembalikan pada posisinya yang semula. Tetapi burung muda sedikit perlu kesabaran untuk mengembalikan pada posisi nya, untuk itu di sini dunia binatang mau berbagi tips Info Menangani Burung Kenari yang Stres dan Tidak Berkicau
Berikut adalah tips menangani burung kenari yang sedang stres dan ngedrop yang bisa anda coba dan anda ketahui:
Yang pertama yaitu
- Faktor Ekstern :
 
Sering berdekatan dengan predator burung seperti kucing, anjing dan hewan lain yang bisa mengganggu kenyamanan burung tersebuta(jauhkan dari binatang buas).Lingkungan yang kurang kondusif seperti tempat yang terlalu bising, banyak sekali kendaraan yang sering berlalu lalang dan manusia juga.

Ynag kedua yaitu
- Faktor Intern :
 
Jika kenari tiba-tiba berhenti berkicau maka periksa dahulu jenis kelamin burung tersebut, apakah burung benar-benar pejantan atau burung betina. Perlu diketahui bahwa sebagian kenari betina yang mampu berkicau namun lagunya tidak sepanjang pejantan dan biasanya akan berhenti berbunyi jika memasuki masa kawin atau masa bertelur.

Kenari berhenti berbunyi bisa juga disebabkan karena burung memasuki masa rontok bulu atau mabung. Seperti pada burung lain kenari juga mengalami masa mabung atau moult. Biasanya burung yang sedang rontok bulunya akan jarang berkicau untuk beberapa bulan sampai bulu tumbuh kembali sempurna.Penyebab lain dari kenari stres yang mungkin disebabkan karena burung dalam keadaan yang tidak fit/sehat seperti pilek atau mungkin kenari sedang sesak. Periksa keadaan dan tingkah laku burung burung kenari .Burung terlalu kurus dan bahkan terlalu gemuk. Burung yang terlalu kurus atau terlalu gemuk bisa menyebabkan kenari jarang berkicau.
 
Mengatasi Kenari Stres
Jika di rumah anda memelihara hewan seperti kucing, anjing atau binatang peliharaan lain  yang buas bisa menimbulkan ketakutan pada burung kenari, maka dari itu usahakan menempatkan burung pada tempat yang sesuai/berjauhan dari hewan buas ,sehingga kenari tidak sering melihatnya.
Selalu tempatkan burung pda tempat yang bisa membuat kenari terasa nyaman sehingga burung kenari tidak mudah stres dan mau berkicau kembali.

Pastikan untuk memeriksa jenis kelamin burung kenari dengan teliti sebelum membelinya agar anda tidak tertipu.Berilah nutrisi yang pas/cukup ketika kenari memasuki masa moult atau mabung agar kebutuhan nutrisi burung terpenuhi dengan baik. Misalnya dengan memberikan makanan yang baik seperti sayuran, buah dan suplemen dengan secukupnya.

Bersihkan kandang secara teratur setiap hari agar burung kenari tetap terjaga kesehatannya dan terhindar dari penyakit.
Usahakan tubuh kenari agar tetap dalam keadaan ideal dan jangan sampai terlalu gemuk atau bahkan terlalu kurus.Bisa juga dipancing dengan mendekatkan burung kenari betina. Namun ada juga yang memancing dengan mendekatkan burung kenari jantan yang sedang berkicau agar jiwa tarungnya terpacu kembali.Tapi dari itu tergantung dari karakter burung kenari anda.

Mungkin cukup ini yang bisa dunia binatang berikan ,bila ada info yang lain pasti dunia binatang akan memeberikanya untuk anda pecinta burung kenari.Terimakasih

0 Response to "Info Menangani Burung Kenari yang Stres dan Tidak Berkicau"