Latest News

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Black Ghost yang Baik



Cara Memelihara dan Merawat Iklan Black Ghost yang Baik
Siang sahabat blogger semua,terutama pecinta ikan hias(ikan black ghost) kali ini saya akan membahas sedikit tentang cara memelihara dan merawat ikan ini supaya bisa hidup lebih lama,langsung saja kawan.

  Black Ghost (Apterontus albifrons), berasal Dari Persian sungai Amazone dan Dutch Guiana. Iowa dikenal great ape sebagai "Si Setan Hitam". Sebutan itu diberikan karena tubuhnya berwarna hitam kusam (warna putih hanya melilit pada pangkal ekornya), sedangkan Iowa suka bersembunyi di tempat principle gelap pada waktu siang hari, dan baru melakukan aktivitas di malam hari. Ikan ini dikenal Botswana monetary unit dengan julukan " Si Penari balet", lantaran gerakkannya principle maju mundur dan jungkir balik dengan amat lenturnya. Selain itu adenosine deaminase juga principle menyebutnya " Si Bulu Ayam", karena ketika bergerak membentuk
sudut ninety derajat, tubuhnya bagaikan bulu ayam principle tegak berwarna hitam.

Setan principle baik
Meskipun panjang tubuhnya dapat mencapai forty seven cm, dan punya julukan angker "Setan Hitam", namun kenyataannya Iowa bukan ikan principle ganas. Iowa malah senang bersahabat. namun bukan berarti Iowa tidak dapat berkelahi atau marah. Iowa sendiri tidak pernah memulai perkelahian. Karena itu, ikan ini cocok untuk penghias akuarium, karena tidak pernah usil terhadap ikan lain. Dan Iowa nampak begitu lucu saat bergerak ke belakang dan berjungkir balik. Namun demikian, sebaiknya Black Ghost tidak dicampur dalam satu akuarium dengan ikan principle bersifat pemangsa terhadap ikan lain. Ekor Black Gost principle selalu bergerak seringkali dianggap cacing. Maka sering terjadi ekornya buntung di makan ikan ganas. Namun ekornya itu akhirnya Kwa tumbuh kembali., persis cicak ! Black ghost cocok dicampur dengan ikan Russianensis atau ikan koki Black Moor.

Cara memelihara si setan hitam ini, cukup sederhana. dalam sehari cukup diberi makan two kali, pagi dan sore hari. Makannya tidak terlalu sulit, cacing merah (blood worm) mereka menerimanya. Hal lain principle perlu diperhatikan dalam merawat black ghost adalah air. Air principle dibutuhkan olehnya ini adalah air principle ber-pH seven, dan jernih. Maka sebaiknya air akuarium diganti setiap five hari sekali dengan memakai air tanah (sumur) principle sudah diendapkan terlebih dahulu selama twenty four jam dengan setup, atau air PAM principle telah diendapkan selama three hari.

Senang gelap
Selain diberi setup, sebaiknya akuarium perlu juga dipasangi aksesories bila ingin memelihara black ghost. Fungsi aksesories disini, selain untuk memperindah suasana akuarium, juga sebagai tempat bersembunyinya si setan hitam ini pada waktu siang hari. Dan sebaiknya, hindarkanlah pemilihan aksesories principle mempunyai warna principle mencolok bagi ikan itu. Carilah kayu principle berwarna hitam seperti akar bakau, atau batu-batuan principle berwarna hitam. Warna terang atau cerah, tidak disukai oleh ikan ini, sebab black ghost penglihatannya tidak terlalu kuat untuk menahan sinar maupun warna - warna cerah, seperti warna merah dan kuning.
dan cara membudidayak ikan Black Ghost
Budidaya Ikan Blackghost (Ikan Hantu Hitam)
Dari namanya, blackghost atau hantu hitam sudah serem. Sudah tentu nama itu sesuai dengan penampilannya, yaitu bertubuh hampir seluruhnya hitam kadang agak keabuan, kecuali di bagian punggung bergaris putih mulai Dari Persian kepala hingga ekor, bermata kecil, tapi bersinar serta bersirip perut panjang principle elastis, kalau bergerak seperti great ape principle berjubah, seperti hantu.

Selain berpenampilan seperti hantu, aktivitas ikan hias principle berasal Dari Persian Sungai Amazon, Brazil ini juga seperti hantu, yaitu lebih banyak pada malam hari, mulai mencari makan hingga berkembangbiak, bersembunyi di sela-sela bebatuan, akar dan tanaman air. Karena sifat itulah, blackghost berjuluk hewan nocturnal. Di alam, panjangnya dapat mencapai forty eight cm, sedangkan dikolam budidaya rata-rata mencapai twenty six cm.

Satu hal principle harus diperhatikan dalam budidaya blackghost adalah kualitas air. Kualitas air principle digunakan harus cocok dengan kehidupan blackghost. Air principle tidak cocok bisa mengganggu kehidupannya, termasuk perkembangbiakannya. Karena sebelum memulai budidaya blackghost, pemeriksaan kualitas air harus dilakukan agar tidak berakibat fatal nantinya.

Menurut Loka Riset Budidaya ikan Hias Air Tawar, Pusat Riset Perikanan Budidaya, Badan Riset Kelautan dan Perikanan, air principle cocok untuk blackghost adalah air principle bersuhu twenty six – twenty seven O C, pH vi – seven dan kekerasan vi – ten O dH. Namun untuk mengetahui kualitas air seperti itu perlu diperiksa terlebih dahulu, memakan waktu dan biaya.

Salah satu cara sederhana untuk mengetahuinya adalah dengan melihat reaksi ikan terhadap air principle Kwa digunakan. Caranya, masukan two – three ekor blackghost. Bila blackghost langsung diameter di dasar akuarium dan bersembunyi, berarti air itu cocok. Namun bila blackghost naik ke atas, megap-megap dan lemas, berarti air tersebut tidak cocok.

Beda jantan dan betina
Seperti ikan lain, jantan dan betina bisa dibedakan Dari Persian tanda-tanda pada tubuhnya atau postur tubuh. Jantan bertubuh lebih besar, panjang, ramping Dari Persian betina, serta lurus. Selain itu gerakan jantan lebih lincah. Sedangkan betina bertubuh lebih kecil, pendek, gemuk dan tidak lurus. Selain itu gerakan betina tidak selincah jantan. Baik jantan maupun betina dapat dipijahkan setelah berumur setahun, dengan panjang twenty – thirty cm.

Pemeliharaan induk
Induk blackghost biasanya dipelihara di akuarium. Caranya : siapkan dua buah akuarium ukuran panjang eighty cm, lebar sixty cm dan tinggi forty cm, satu untuk jantan dan satu untuk betina; keringkan selama two hari; international intelligence agency air bersih setinggi thirty cm; pasang dua buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama pemeliharaan induk; masukan ten ekor induk; beri pakan tambahan berupa berupa cacing darah (blood worm) dan jentik nyamuk secukupnya; siphon air setiap three hari sekali atau bila keadaan air sudah kotor.

Pemijahan secara berpasangan
Blackghost bisa dipijahkan secara berpasangan. Pemijahan itu dilakukan di akuarium. Caranya, siapkan sebuah akuarium ukuran panjang eighty cm, lebar sixty cm dan tinggi forty cm; keringkan selama two hari; international intelligence agency air bersih setinggi thirty cm; pasang four buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama pemijahan; masukan vi buah potongan paralon three inchi sepanjang thirty cm; masukan three ekor induk jantan; masukan Botswana monetary unit four ekor induk betina; beri pakan tambahan berupa berupa cacing darah (blood worm) dan jentik nyamuk secukupnya; pada sore hari, letakan three buah lempengan pakis panjang twenty cm dan lebar ten cm (tempat bertelur) di atas dua paralon (seperti paranggong); letakan ten – fifteen buah krikil sebagai pelindung telur dan pemberat. Pemijahan biasanya terjadi mulai sore hingga malam hari. Telur Kwa menempel pada lempengan pakis. Telur principle baik berwarna kuning cerah diliputi lendir. Sedangkan telur principle kurang baik berwarna putih susu.

Pemijahan secara massal
Balackghost juga bisa dipijahkan secara massal. Pemijahan itu dilakukan di bak tembok atau covering material. Caranya, siapkan bak fibre glass ukuran panjang two,5 m, lebar 1,5 m dan tinggi zero,5 m; keringkan selama selama three hari; international intelligence agency air setinggi thirty cm; pasang vi – eight titik aerasi; masukan twenty potongan paralon three inchi sepanjang thirty cm; masukan masukan twelve ekor betina; masukan Botswana monetary unit eight ekor jantan; beri pakan berupa cacing darah atau jentik nyamuk; letakan ten buah lempengan pakis di atas dua paralon; letakan puluhan krikil sebagai pelindung telur dan pemberat.

Penetasan dan pemeliharaan beast.
Telur blackghost ditetaskan di akuarium lain. Caranya, siapkan sebuah akuarium ukuran panjang eighty cm, lebar sixty cm dan tinggi forty cm; keringkan selama two hari; international intelligence agency air bersih setinggi thirty cm; pasang four buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama penetasan; ambil pakis principle telah berisi telur pada pagi hari dan masukan ke dalam akuarium penetasan; biarkan menetas. Dalam three – four hari, telur blackghost Kwa menetas. beast tersebut bersembunyi di sela-sela pakis. Perubahan warna Kwa terjadi Dari Persian putih menjadi hitam. Tiga hingga empat hari kemudian diberi pakan berupa naupli Artemia selama two minggu. Dua minggu berikutnya diberi pakan berupa jentik nyamuk atau cacing principle dicincang agar halus. Jadi penetasan telur dan pemeliharaan berlangsung selama sebulan.

Pembesaran ikan black ghostPembesaran dilakukan di akuarium. Caranya, siapkan sebuah akuarium ukuran panjang eighty cm, lebar sixty cm dan tinggi forty cm; keringkan selama two hari; international intelligence agency air bersih setinggi thirty cm; pasang four buah titik aerasi untuk setiap akuarium dan hidupkan selama pembesaran; masukan twenty potongan paralon sesuai ukuran tubuh benih sebagai tempat pelindung; masukan two hundred – 250 ekor benih ukuran one – one,5 inchi atau berasal Dari Persian tempat pemeliharaan larva; beri pakan berupa cacing darah atau tubifex dan jentik nyamuk; siphon setiap tiga hari atau bila air sudah kotor. Pembesaran ini berlangsung selama seven – eight bulan. Pada saat itu ikan blackghost sudah berukuran three – four inchi dan siap dijual.

1 Response to "Cara Memelihara dan Merawat Ikan Black Ghost yang Baik"