Latest News

Ciri Burung Kenari Sakit dan Beberapa Tips Pengobatanya

Ciri Burung Kenari Sakit dan Beberapa Tips Pengobatanya
Hai blogger semua sebelumnya dunia binatang memeberikan tentang Tips Pemeliharaan Anak Burung Kenari yang Baru Menetas maka kali ini akan memebahas tentang Ciri Burung Kenari Sakit dan Beberapa Tips Pengobatanya . langsung akan saya dibagikan buat anda semua,semoga bermanfaat .

Berikut ini beberapa ciri burung kenari yang sedang sakit
1. Mata kenari
Pada mata keluar sekretum (cairan yang tidak normal atau berbeda ), berubah warna atau kecerahannya, sayu, mata dipejampejamkan, dan setelaj itu terjadi pembengkakan di sekitar mata.
2. Lubang hidung (nostrils) kenari
Dari lubang hidung keluar ingus, sesuatu yang membeku sehingga menutupi nostril dan bersin-bersin atau membuka-buka paruhnya karena sesak nafas. Selain itu, bulu-bulu di sekitar nostril dan kepala pada umumnya kotor karena sering digaruk atau diusap.
3. Sayap dan bulu kenari
Bulu tampak suram dan kusut, sayap lunglai (baik sebelah atau keduanya), perilaku menata bulu-bulu hilang atau tidak dilakukan.
4. Napsu atau perilaku makan menjadi hilang
Napsu makan menjadi turun atau hilang, tidak pandai mematuk makanannya, dan berat badan cepat menurun.
5. Keseimbangan
Burung tampak sempoyongan, tidak mampu atau sukar bertengger (biasanya burung ada di lantai kurungan), dan tidak suka bergerak .
6. Sendi tulang kenari
Pada sendi tulang terjadi pembengkakan dan berubah bentuk (deformitas, malformation).
7. Kebiasaan sehari-hari kenari
Kebiasaan sehari-hari yang biasa dilakukan tidak dilakukan lagi, tidak suka mandi-mandi, tidak berkicau, suara kicauannya berubah, dan lain sebagainya .
8. Tubuh kenari
Terdapat jendolan atau timbunan sesuatu di manapun pada tubuhnya.

Dari semuanya itu apabila Anda menemukan pendarahan dari manapun keluarnya adalah merupakan tanda keadan gawat darurat yang terjadi pada burung kenari

Jika Anda melihat ciri-ciri seperti diatas maka usahakan tanggulangi secepatnya dengan memberi obat yang sesuai dengan penyakitnya, atau kalau deket dengan dokter hewan bisa langsung dibawa ke dokter hewan.
Berikut ini beberapa tips pengobatan burung kenari yang perlu ada ketahui yaitu:

1. Memberikan kehangatan pada kenari
Kenari yang sedang sakit fisiknya lemah sehingga membutuhkan lingkungan yang sangat nyaman untuk mempertahankan kondisi fisiknya. salat satu pertolongan awal terhadap kenari sakit yaitu dengan memberikan kehangatan. Untuk meningkatkan kehangatan di sangkar dipasang lampu dengan daya sekitar 40 watt.
2. Memberikan pakan ektra pada kenari
Kenari yang mengalami sakit rata-rata kurang makan, untuk meningkatkan napsu makan bisa diberi makanan yang disenangi kenari seperti telor puyuh, biji sawi atau makanan lainnya. Untuk kasus-kasus tertentu kita harus menyuapi kenari agar mau makan, makanan yang diberikan harus berbentuk bubur (bisa menggunakan bubur bayi)
3. Memberikan minuman pada kenari
Kenari sakit jarang minum, kita harus membantu kenari agar mau minum. Bisa dibantu memberi minum dengan cara meneteskan air ke mulut kenari, ketika meneteskan air ke mulut kenari harus hati-hati jangan sampai masuk ke rongga pernapasan. Ketika kenari sakit kalau tidak inginrepot bisa memasukkan obat ke dalam air minum kenari.
4. Memberikan ketenangan pada kenari
Terakhir untuk memulihkan stamina kenari harus diberikan ketenangan, cara memberikan ketenangan yaitu dengan mengerodong sangkar kenari.

Langkah selanjutnya peternak/hobis kenari harus punya stok obat atau multivitamin pill khusus kenari… karena kita tidak tahu kapan penyakit menyerang kenari kesayangan kita. Tetapi principle utama adalah lebih baik menanggulangi Iranian language pada mengobati.
mungkin hanya itu yang dapat saya posting tentang ciri pengobatan kenari dan beberapa tips pengobatanya .semoga burung kenari yang sedang sakit cepat sembuh.terimakasih .

0 Response to "Ciri Burung Kenari Sakit dan Beberapa Tips Pengobatanya"